Sunday, February 27, 2011

Pengalaman Pertama Membuat Program

Pertama kali saya membuat program ketika baru belajar di universitas. Saya membuat program perhitungan untuk "mencari nilai rata-rata" pada suatu data. kesan pertama yang saya dapatkan adalah sangat tertarik dengan program dan bahasa pemrograman. Saat ini kebutuhan manusia yang terus berkembang dan tidak terbatas tentunya peran program sangat dibutuhkan. selain itu, dengan adanya program tentunya dapat memudahkan seseorang dalam mengerjakan pekerjaannya, menghemat waktu dan mengurangi resiko kesalahan hitung. dalam program yang saya buat mungkin tidak begitu diperlukan jika data hanya sedikit. namun, apa jadinya jika kita dihadapkan pada banyak data tentunya kita akan repot di buatnya. itulah yang menjadi alasan saya dalam membuat program ini.

Program ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PASCAL. Dimana PASCAL yang bersifat algorimistik yang dapat memudahkan saya dalam membuat program. Tapi, selain memiliki kelebihan, program ini pun memiliki banyak kekurangan. antara lain, yaitu bersifat terstruktur sehingga saya mengalami kesulitan pada saat penulisan. program yang saya buat berisi perintah untuk memasukkan data dan rumus mencari nilai rata-rata. Setelah kita meng run akan muncul perintan input memasukkan data yang akan d hitung. kemudian setelah kita meng-enter maka dengan otomasis nilai rata-rata di dapat. program ini pun diperuntukan bagi siapa saja yang ingin mencari nilai rata-rata. antara lain, seoramng guru yang akan mencari nilai rata-rata rapor siswa-siswanya, seorang pelatih fitnes dalam menggolongkan jenis tubuh seseorang termasuk ke suatu golongan tertentu, dan lain sebagainya. program ini pun pernah dipakai oleh paman saya ketika akan mencari nilai rata-rata kehadiran siswa. tentunya dapat mempermudah dalam menyelesikan masalah yang ada. saya pun menyadari kekurangan yang ada dalam program ini yaitu, tidak adanya protec sehinggs dapat menyebabkan kurangnya keamanan. sebagai contoh seseorang dapat dengan mudah mengubah struktur program. oleh karena itu, dewasa ini program yang berkembang sangat cepat dan tak terhingga yang memungkinkan kita lebih dapat mengembangkan ide yang lebih baik

No comments: